Rabu, 06 Juni 2012

Permainan Educatio "Sudoku"


postingan kali ini saya akan berbagi source code game yang saya buat. game ini saya buat sebagai tugas UTS Mata Kuliah Pemrograman Terstruktur I (pemrograman Visual Basic  6). mungkin agan-agan gak asing lagi dengan namanya Game Sudoku. Game yang lumayan membuat kepala kita pusing. tapi dengan bermain game ini kita belajar mengasah logika kita. mengapa demikian????
                jelasnya pada game ini, kita di perintahkan untuk memberi nilai 1 sampai 9 pada kotak-kotak (atau kalau di vb 6 Command Button) yang kosong , dan itupun tidak boleh sama dengan nilai satu baris disebelahnya dan satu baris kebawah atau secara horizontal maupun vertikal.

                game yang kali ini saya bagi, merupakan eksperiment 4. pada eksperimen pertama saya masih menggunakan TextBox, sehingga permain harus menginputkan nilai dari keyboard dan itu kurang efesien karena pemain akan malas dan nilai yang diinputkan bisa tidak beraturan. dari alasan itu, saya kemudia membuat eksperimen ke dua, pada eksperimen ini textBox sudah saya ganti dengan Command Button, sehingga nilai tidak kacau karena pemain hanya mengklik nilai 1 sampai 9 pada Command Button kemudia memindahkan nilai tersebut pada Command Button lain yang kosong. kemudia dari eksperiment kedua, program sudah lumayan bagus karena pemain tidak usah menginputkan nilai dari keyboard, tapi kendalanya yaitu pada tampilan yang terlihat kurang menarik. dari masalah tersebut saya membuat eksperimen yang ke tiga, pada eksperimen kali ini saya memodifikasi bentuk Command Button, saya menggunakan Candy Button untuk memodifikasinya. program yang dihasilkan pada eksperimen kali ini tampilan sudah bagus tapi terkendala pada sistem dan beratnya running program sehingga program error. kemudian saya melakukan eksperimen yang ke empat, pada eksperimen ini saya mengunakan program pada eksperimen ke dua. pada eksperimen ini saya merubah isi dari Command Button. pada eksperimen ke dua saya menggunakan properties Caption tetapi pada eksperimen kali ini saya menggunakan properties picture dan bermain pada perwainan warna ( dapat diartikan command Button kelap kelip). dan tidak lupa saya menambahkan komponen audio agar game semakin menarik.
ok dibawah ini merupakan screen shot game Sudoku dari eksperimen ke 1 sampai ke 4 :

Eksperiment 1

 Eksperiment 2


Eksperimen 3

 


 eksperimen 4


itu dulu yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat. silahkan agan-agan modifikasi sendiri program ini agar lebih bagus


1 komentar: